jump to navigation

Iri dengan industri otomotif di thailand.. Januari 17, 2013

Posted by Apipotoblog in serba-serbi, suara konsumen.
Tags: , , , ,
trackback

image

Thailand akan menjadi negara pengekspor kendaraan terbesar di Asean tahun ini dan juga akan mengambil alih lagi posisi sebagai leader di Asean dari Indonesia. Indonesia bisa membukakan angka penjualan yang besar karena didukung oleh penduduk yang besar, lebih dari 200 juta orang, sedangkan Thailand populasinya hanya 66 juta orang. 

Terlihat thailand sangat mengandalkan ekspor ketimbang mengkomsumsi nya sendiri…

image

Indonesia bukan kompetitornya Thailand. Dilihat  Di Thailand, spesifikasi teknis kendaraan lebih tinggi ketimbang di indonesia,. memang pemerintah Thailand sudah jauh mendukung perkembangan industri otomotif. Tidak  heran begitu jauh dengan negeri sendiri, contohnya pajak kendaraan bermotor yang terlalu tinggi, begitu susah mendapatkan kualitas yang sama dengan harga sama, apalagi pajak buat motor CBU, byuuhh…  Bisa 2 kali lipat dari harga kendaraan..

Semua negara maju pasti mempunyai industri yang  kompetitif,saat ini pembangunan industri indonesia hanya berpusat di jabotabekkar..  Sementara produk-produknya terbilang lamban dalam hal ekspor..  banyak faktor yang menghambat perkembangan industri otomotif di indonesia, Lagi permasalahan yang timbul hanya karena infrastuktur yang kurang mendukung  butuh  waktu  lama untuk  mencapai pelabuhan, jalan rusak, macet  dan sebagainya.. Ini yang bisa kita lihat pemerintah memang tidak mendukung perkembangana industri otomotif di tanah  air,  pemerintah hanya fokus terhadap kenaikan pajak!!  Pajak kendaraan di naikan setiap tahun nya., tapi apa yang kita dapat… ?? Hanya jalanan  yang berlubang, rusak,trotoar yang semerawut ! Mana infrastuktur yang layak  yang di hasilkan oleh pajak??

Bicara soal SDM ( sumber daya manusia)
Jangan berbangga hati dulu soal SDM indonesia, masih tertinggal jauh!!  

Memang sekarang terdapat tenaga kerja lulusan STM atau sekolah kejuruan, namun kalau kita mau membangun indstri dengan basis teknologi yang lebih maju, tenaga-tenaga di bidang industri harus punya keterampilan spesifik. Selain itu, kualitas pendidikan dan kualitas penelitian secara umum juga harus ditingkatkan Pembangunan SDM Industri yang maju harus ditopang dengan SDM yang handal.. Faktor pendukung tersebut belum terlihat solid, dan masih jauh dengan thailand..

Thailand menjadi pusat pembangunan industri otomotif Thailand sehingga diberi julukan “Detroit of Asia”, dengan 10 perusahaan besar produsen kendaraan (Mitsubishi, Mazda, Ford, Toyota, Isuzu, Nissan, Honda, General Motors, BMW, dan Daimler Chrysler) dan 130 perusahaan supplier suku cadang otomotif. Pada tahun 2010, Thailand memproduksi 1,644,513 kendaraan dan tercatat sebagai Top 12 produsen kendaraan di dunia. Pada tahun 2015, Thailand bertekad menjadi Top 10 produsen kendaraan di dunia dengan total produksi sebesar 2.3 juta kendaraan pada tahun 2015. Mobil ,motor dan suku cadang buatan Thailand sekarang sudah di ekspor ke lebih dari 130 negara. Pertanyaan besar saya sekarang, kapan ya Indonesia bisa mengembangkan industri otomotif setidaknya seperti Thailand?
:-D
Silakan di komentari dan di tambahkan..

Komentar»

1. Yoshi - Januari 17, 2013

Rumput tetangga selalu lebih hijau bro . . .

Apipblog.com - Januari 17, 2013

Iya bro, pupuknya apa ya..? :-D

2. Mochammad - Januari 17, 2013

Di Thailand pemerintah mendukung dengan kebijakan yang tepat, sedangkan i Indonesia ada putra bangsa yang mampu merancang mobil malah dicibir-cibir. Kalau begitu, mana bisa maju industri otomotif yang benar-benar karya putra bangsa ini.
:) Salam,

Mochammad
http://mochammad4s.wordpress.com
http://piguranyapakuban.deviantart.com

Apipblog.com - Januari 17, 2013

Banyak pungli juga di indonesia..!

Mochammad - Januari 17, 2013

yup…betul sekali…

3. indragede - Januari 18, 2013

Foto MSXnyaa.. jadi tambah pengen.. kira-kira MSX125 ikut masuk Indonesia gak ya? barengan Zoomer-X…

Apipblog.com - Januari 18, 2013

Pinginnya sih.

4. randhy cahya - Januari 18, 2013

Indonesia masih harus belajar banyak :)

mengingat serunya persaingan 250 di taon 80-90an http://randhygraphic.blogspot.com/2013/01/japanese-250-race-replica.html

5. An_Syahri - Januari 18, 2013

Klo disini ga perlu eksport aja dah banyak mas produksinya…. tp kedepan R&D beberapa ATPM rencananya akan dipindah ke Indonesia….

6. abong bonjeruk - Februari 3, 2013

suatu saat.

7. kebangkitan cs1 - Maret 30, 2013

indonesia sarang mafia duit johhhnnn….orang2 keturunan romusha ,menjajah negeri sendiri


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 1.280 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: