Mengenang Honda VTR 1000 SP2

image

Masbro semua, masih inget gak motor superbike jalanan honda VTR SP2 ,yup motor yang pernah berjaya di ajang superbike .Ducati memang superior di superbike

waktu itu sudah memenangkan 8 kali gelar juara dunia WSBK, sementara Honda baru 3 kali sisanya Kawasaki satu kali.
image

VTR SP1 dan SP2 honda membuat motor tersebut bukan tanpa maksud tapi berniat meruntuhkan gelar ducati di SBK  Bagi honda hal ini dikarenakan karena mesin peraturan yang berlaku saat itu lebih menguntungkan penggunaan mesin 2 silinder bisa 1000cc ketibang mesin 4 silinder inline 750cc.karena dulunya peraturanya seperti itu.
image
image

Karena itu HRC honda memutuskan menggati motor RC-45 menjadi RC-51 atau lebih akrab disebut Honda VTR SP-1 dan SP 2 (2000-2006) yang bermesin V-twin. Sukses karena gelar juara WSBK jatuh ketangan Collin Edwards pada tahun 2000 dan 2002 bersama VTR dengan 3 musim 2 kali juara . Namun sayang Motor tersebut kurang laku di pasaran dan di stop produksi  di tahun 2006 dirasa mahal,  memang mesin V twin lebih mahal biaya produksinya  menyebabkan Dan sekarang VTR SP2 tergantikan dengan CBR1000RR
image

Honda VTR 1000 RC51 SP2

Year 2002

Engine Liquid cooled, four stroke, 90°V-twin cylinder, DOHC, 4 valves per cylinder

Capacity 996

Bore x Stroke 100 x 63.6 mm

Compression Ratio 10.8:1

Induction Electronic fuel injection

Ignition / Starting Computer-controlled digital transistorized / electric

Max Power 136 hp 100 KW @ 9500 rpm

Max Torque 10.7 kg-m 105 Nm @ 8000 rpm

Transmission / Drive 6 Speed / chain

Front Suspension 43mm inverted cartridge-type fork with adjustable spring preload, and compression and rebound damping, 130mm axle travel

Rear Suspension Pro-Link with gas-charged integrated remote reservoir damper offering adjustable preload, and compression and rebound damping, 120mm axle travel

Front Brakes 2x 320mm discs 4 piston calipers

Rear Brakes Single 220mm disc 1 piston caliper

Front Tyre 120/70 ZR17

Rear Tyre 190/50 ZR17

Seat Height 813 mm

Dry-Weight 194 kg

Fuel Capacity 18 litres (2.5L)

Consumption average 19.5 km/lit

Standing ¼ Mile 10.9 sec / 209 mp/h

20 Komentar

  1. ingat pakde collin edwards dulu deh waktu ane jaman SMA, pakdhe selalu jagoan diatas motor ini, singannya dulu ada carl fogarty dari Ducati juga ada max biaggi, tp bgitu max biaggi masuk WSBK pakdhe collin malah pindah ke MotoGp dan lumayan moncer tuh bertandem dg VR46 bersama Yamaha.

  2. VTR ini… membuat Bimota empot2an mengejar nya… padahal Gobert lumayan perkasa pake Kawasaki…

    dan di game SBK pula gw bisa nabokin VTR (disirkuit tertentu) pake bimota…
    VTR di game gw oprek bisa tembus 322KPJ sedang Bimota max 305kpj…

    Sirkuit Hockenheim VTR vs Bimota? bye bye Bimota…

    😆

  3. Kalo di jual di indo gak bkalan laku tu,masih laku nu pixon..lho kok bisa??? Y jelas lah,bnyak yg gak mampu bli,mahal tau..hihihihi.

1 Trackback / Pingback

  1. Aksi Valentino Rossi dengan Honda VTR 1000 di 8 hours suzuka « Apipblog.com

Silahkan Di Komentari Sob

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.