Pengereman pada skutik menghindari slide ban depan, gunakan kaki untuk tumpuanya..!!

<a href="http://

abdulapip.files.wordpress.com/2013/02/wpid-than_xe2.jpg”>image

Banyak yang bilang mengerem dengan motor matic khususnya skuter itu  mudah sekali terjadinya slip di ban depan , hal tersebut lumrah terjadi dikarenakan bobot sebuah motor matik cenderung lebih berat di belakang dibanding di depan , memang pengaruh dan bahaya terbesar justru muncul dari cara pengereman yang salah. Kalau motor manual bisa dibantu engine brake, pada motor matik bergantung sepenuhnya pada rem di tangan dan feeling pengendara itu sendiri .
Kalau kecepatan motor tidak terlalu tinggi, rem belakang saja sudah cukup untuk menghentikan motor matik tapi harus di ingat kecepatan tersebut hanya berlaku di bawah 20 km/jam saja . Tetapi bagaimana jika  motor tengah melaju kencang,? di kecepatan 40km/jam saja rem mendadak retan terjadi slide apalagi lebih dari itu , perlu trik yang berbeda kalau mau berhenti dengan selamat.
yang lebih enak pakai combi brake, jadi sekali tarik salah satu tuas rem maka kedua-duanya roda depan dan belakang otomatis langsung berhenti. Tapi disini tak semua skutik mengaplikasikan sistem ini..

Kalau saya biasanya menarik  rem dua-duanya, depan dan belakang secara bersamaan, tapi jangan keras-keras. Perlahan saja , agar ban belakang juga tidak ada gejala ngebuang  ,paling pas depan belakang 60-50 dan 50-50 , nah.. ‘ tumpuan bobot biasanya ada pada tangan yang menggegam stang hal  terjadi karena secara otomatis saat pengereman bobot si pengendara akan kedepan, jangan andalkan tumpuan pada setang dan tangan saja !! gunakan pijakan kaki di dek sebagai bagian dari tumpuan bobot kita saat panic braking ,  

image

sebenarnya trik ini biasa di lakukan oleh freestyler  untuk melakukan stoppie alias mengangkat ban belakang khususnya pada skutik , tapi tujuan kita bukan untuk itu  ,, trik tersebut saya lakukan untuk mengantarkan beban ke roda depan dan dapat meminimalisir dampak slide pada roda depan, jadi jangan terlalu extreme tumpuan beban pada kaki, tetap mengandalkan rem belakang rem belakang karena  sangat berpengaruh besar dan berguna pada gaya tekanan  bagian belakang motor  skutik karena besar bobot skutik lebih condong bagian belakang  , posisi kita tetap harus duduk ,bagaimana masbro ada tambahan.. ?
Hanya berbagi pengalaman ternyata trik ini cukup membuat ban depan lebih rigid di bandingkan pengereman biasa.. 

15 Komentar

    • Waktu itu pernah saya coba dengan mio j, kecepatan konstan 40km/jam jalan cor tersiram hujan saya sengaja tarik hanya tuas rem depan sehingga ban mengunci dan slide lepas rem yang terjadi kecepatan turun 30km /jm hanya dalam satu detik , beda jika cara yang di atas yang saya lakukan kecepatan turun drastis hingga berhasil berhenti sempurna kurang dari 2 detik ..

  1. ..salah pengereman bisa fatal..kalo trik pengereman matic saat tikungan tajam gmana bro,.soalnya udah 2x liat kjadian beat dan soul dlosor di tikungan yg lumayn tajam,di lokasi yg sma..

    • Kedua matik yang masbro maksud saat ndlonsor mereka panik terus rem mendadak atau gimana tuh bro.? Ya intinya kita juga kudu respek terhadap kondisi jalan juga bro, sebelum tikungan kurangi kecepatan.. Ban depan matik sangat krusial disini, di mana bobot matik memang lebih condong kebelakang.. Rem belakang pada skutik memegang peran penting…

    • jaga gas n rem depan jangan sampai ngunci, rem belakang membantu buat memindahkan kendaraan atau apalah tapi jangan terlalu pakem… maen feeling, kalo shock nya bagus rebound nya enak, motor gak ngeloyor. jangan lepas gas… traksi nya ilang biasanya… kalo di motor kopling ya seperti kopling di tarik, jadi kehilangan traksi mesin dan motornya…

      • Kalau saat’ menikung (bukan sebelum menikung) untuk mengurangi kecepatan yang biasa saya gunakan adalah rem belakang tekan secara perlahan ini khusus skutik ya ,bobot skutik yang berat di belakang cukup membantu jadi susah slide, beda dengan motor batangan bisa” ndlonsor..

      • kalo motor batangan jarang make, kecuali pas belajar. kalo metik ya kira2 seperti itu. kalo bebek ya rem belakang cuma buat mindahin juga. yang ngeri kalo shock nya gak rebound. pernah kejadian begitu akhirnya malah ngebuang, sebelum nabrak trotoar ane angkat ban depan n geser ban belakang jadi sedikit sliding gitu. selamet deh…

        kalo jalan berpasir bisa pake teknik counter steering… biar gak limbung… atau apalah…

        😆

  2. kalau tips untuk mahluk langka macam revo matic gimana menurut agan?pake trik untuk bebek biasa krn gak ada engine brake jadi kurang pas, pake trik utk skutik distribusi beban gak sama.
    3 minggu yg lalu ane n revo matic nyusruk krn panic brake hindari lubang, eh reflex malah rem depan dulu… walhasil dengkul kanan kiri n telapak lumayan sobek….spion kanan patah, fork kudu dipress, batok lampu baret, knalpot ujung penyok, behel baret….

  3. saya belum dapat feel ngerem pake matic, udh 3x jatuh di turunan semen. 15 tahun biasa pake motor gigi atau kopling, terbantu sama engine brake jika di pindah ke gigi 1,gak pernah jatuh dijalan semen. Kalo liat turunan semen pake matic..alamakkss….

Silahkan Di Komentari Sob

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.