Riding malam emang adem , tentu ada tipsnya agar tetap selamat jaya di jalan …!

image

Riding malam memang salahsatu cara untuk menghindari macet ,panas dan lain-lain tapi mempunyai resiko tersendiri yang tidak boleh dianggap sepele  ,banyak yang melakukan aktifitas di malam hari, baik secara  rutin karena di tuntut pekerjaan atau karena ada acara tertentu yang mungkin mengharuskan kita mengedarai motor sendiri di malam hari ,pada malam hari, kemampuan mata menangkap jarak, warna, dan sudut pandang jauh pasti tidak sama dengan siang hari, apalagi saat kita dalam keadaan lelah, semua itu bisa mempengaruhi konsentrasi.

Berikut ini ada beberapa tips biar aman saat mengendarai motor di malam hari:

1. Persiapan motor dan diri sendiri

Pastikan motor selalu ready buat melakukan pejalanan di malam hari. Lampu depan, lampu belakang, lampu indikator, menyala normal. Mesin motor, rem, ban perlengkapan tambal mini kalau ada ,semua harus dalam kondisi yang baik dan ready. jika ingin melakukan perjalanan jauh di malam hari sebaiknya kita harus beristirahat dan tidur yang cukup sebelum berangkat. Jika mengantuk berhentilah sejenak ngopi dulu masbro jika perlu ,biar seger  .

image

2. Ketepatan Arah Lampu Depan.

Jangan  Menyalakan Lampu  jauh jika melihat ada kendaraan dari depan, karena bisa bikin silau pengendara lain di depan ,apalagi menggunakan mika bening  di lampu belakang  👿 , karena kendaraan di belakang kita bisa silau dari ,pastikan jugal lampu depan arahnya tepat agar tidak menggangu pengelihatan pengendara lain dan dapat ngurangin kemampuan melihat jalan… tau sendiri, kita juga suka kesel kan kalo silau kena sorotan lampu kendaraan lain. dan, jangan menggati lampu dengan tipe yang bisa bikin silau pengendara lain  itu menurut kita lebih terang, tapi itu malah bisa bikin resiko kecelakaan lebih besar. silao meen..

3. Nyalakan Lampu Jauh Jika Diperlukan.

Untuk jaga-jaga Jika ragu ada sesuatu di depan saat  kita melaju sendirian, nyalakan lampu jauh. Lampu jauh gak cuman membantu kita melihat lebih jelas tapi juga membuat pengendara lain tau kalau ada kendaraan kita dari kejauhan tentu pada waktu tersendiri .

image

4. Jika Silau karena Sorotan Lampu dari Kendaraan Lain,

Sering kita disilaukan oleh sorotan lampu kendaraan di depan kita, sebaiknya jangan pandang ke depan, tapi ke sisi kiri jalan untuk panduan arah agar kita tidak dibutakan oleh lampu. Tentu saja harus tetap dalam keadaan konsentrasi penuh.

5. Hindari obat-obat dan Alkohol.

Di samping dilarang agama tentu berkendara memakai barang tersebut sangat berbahaya ,banyak kasus kecelakaan akibat pengguna obat – obatan tersebut ,dan kita patut ambil pelajaran .
Pastikan berkendara dalam keadaan sadar, sehat wal afiat, tidak terkontaminasi oleh obat2an, drugs, alkohol dan sejenisnya.
.

6. Perlambat dan Jaga Jarak.

Jangan terlena dengan jalanan yang lengang di malam hari ,banyak hal tak terduga bisa saja terjadi ,apalagi jika jalan yang belum pernah kita lalui bisa terkena lubang jalan siap mengintai , makanya lebih baik kurangi kecepatan dan tambah jarak dengan kendaraan lain di depan atau di belakang kita. Buat persiapan kalo terjadi pengereman mendadak.

image

7. Gunakan helm ber mika bening dan   Hindari jalan antah brantah

Untuk memperjelas pengelihatan jangan menggunakan helm ber mika gelap ,pilih helm ber visor double jika perlu , banyak seranga nokturnal jika kita melewati daerah persawahan atau hutan yang kadang bisa masuk kemata kita ,jangan sampai asik-asik riding mata kelilipan serangga !  Apa jadinya . Hindari jalan antah brantah ,jalan yang belum pernah kita lalui sebelumnya kalau terpaksa dalam keaadan solo touring cara efektif cari teman seperjalanan yang melintas bisa menguntit mobil yang sedang lewat  tentu kita kudu tetap waspada banyak tindak pelaku kejahatan  dilakukan saat malam hari .

8. Berdoa
Cara paling manjur ! Hanya kepadaNYA kita berserah diri dari gangguan kejahatan malam .

Tentunya kita kudu saling mengingatkan bukan ?   keep safety riding !!
Nah gimana mabro ada tambahan ?

21 Komentar

  1. lubang dan setan lewat….
    paling sering sih orang nyebrang, ada kejadian di daerah kompas tambun, ane + f1zr di depan ane di blayer ninja 2 tak. pengen nyoba nabok seh cuma f1zr gak bergeming, alhasil ane cuma nengok doank…

    gak lama lewat, ninja yang ngeblayer lg tiduran menikmati langit malam di trotoar kompas, sepertinya menghindari setan lewat…

    dan motor ninja nya masih nyangkut di atas trotoar…

    kejadian kompas dari arah cibitung jam 9 malam.

    😆

Silahkan Di Komentari Sob

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.