Nih ,peraturan SIM C1 Dan C2 Untuk Moge .. ! Emang Perlu Sih.. [OPINI]

image

Ada peraturan baru nih sob… buat yang pingin naik kelas ke moge kudu tau bahwasanya nanti akan ada peraturan khusus untuk SIM pengguna  motor besar ..

Berikut yang di kutip dari otomotifnet

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri menyatakan bahwa SIM khusus moge akan diberlakukan pada tahun depan. Persisnya adalah pada triwulan pertama 2016. “Iya mulai berlaku 2016, perkiraan pada bulan April 2016,” tegas Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Kepala Bagian Keamanan dan Keselamatan, Korlantas Mabes Polri.

Lantas apa definisi SIM khusus moge yang dimaksud?

“SIM khusus moge yang dimaksud adalah membuat jenis SIM baru. SIM C akan dibuat 3 macam, SIM C itu adalah SIM yang berlaku sekarang, SIM C1 untuk motor berkapasitas 250 cc sampai 500 cc dan SIM C2 untuk motor berkapasitas 500 cc keatas,”

Kemudian kalau pemilik memiliki dua motor dengan kapasitas mesin berbeda, apakah harus memiliki dua SIM yang berbeda?

“Nah itu yang masih kita rumuskan. Apakah akan diatur seperti SIM A yang beralih ke SIM B, maka otomatis SIM A masih tetap berlaku. Nantinya akan dirumuskan bagaimana idealnya,” lanjut Kombes Pol Unggul.

“Sedang dirumuskan, makanya tidak langsung di Bulan Januari, targetnya pada triwulan pertama 2016,” jelasnya kemudian saat ditanyakan apakah mekanisme penerbitannya harus melampirkan STNK-nya serta membawa unit motornya

Apakah ada perbedaan biaya penerbitan SIM nantinya?

“Iya jelas biayanya berbeda. Karena motornya (kapasitas mesinnya) berbeda. Sehingga biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan lainnya akan berbeda pula.. nah loh.. sudah jelas kan…?

[display-posts category=safety riding]

image

Kan sama-sama motor son..? Yang penting kan skill  ?  Bentar dulu..

nih … sekedar opini sih… Memang buat motor moge  mempunyai power bobot diatas motor umum nya tingkat skill riding memang perlu .. ! tapi  Kunci keamanan menunggangi sport bike terkadang adalah mindset.. yang gak kalah penting Bagaimana mengontrol
diri sendiri dan power besar sesuai situasi jalan raya.. “Kontur tubuh motor sport dan tenaga yang besar , bisa saja menuntut berubahnya mindset pengendaranya pula…

Motor bermesin besar, tampilan makin kece menjadi pusat perhatian , jangan terlalu kepedean jangan lupa level adrenalin pun ikut meningkat…Kontrol emosi dan ego terkadang berubah. Perilaku unsafe pun tanpa sengaja jadi muncul.. pecicilan bisa celaka ..nah loh gimana tuh …!

[display-posts offset=”15″]

Be the first to comment

Silahkan Di Komentari Sob

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.